Seragam Batik Anak Sekolah



Seragam batik anak sekolah mungkin semuanya hampir terlihat sama. Jika Anda menginginkan seragam batik yang berbeda dengan seragam batik sekolah lainnya, maka bisa loh mengadakan lomba menggambar motif batik.

Peserta lomba ini tentu saja anak sekolahan. Di mana motif batik hasil gambar pemenangnya dijadikan seragam batik di sekolahnya. Selain menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi pemenangnya, juga menjadikan anak-anak kreatif dan mau tidak mau mereka harus mempelajari sejarah batik, lengkap dengan motif batik yang ada di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk mengadakan lomba menggambar motif batik bagi seragam batik anak sekolahan, maka beberapa motif batik di bawah ini bisa menjadi inspirasi para peserta. Gambar motif batik di bawah ini terbilang mudah namun tetap terlihat cantik.

Berikut beberapa motif batiknya:

Batik Motif Kawung

Motif batik ini berasal dari tanah Sunda dan nama kawung ini berarti buah aren atau biasa dikenal dengan sebutan kolang kaling. Sesuai dengan bentuk kolang-kaling yang lonjong, maka motif bating Kawung pun berupa bulatan lonjong.

Bulatan lonjong ini disusun membentuk bunga dengan warna coklat. Dan sebagai warna dasarnya hitam. Kedua warna ini juga menunjukkan sebagai manusia seharusnya tetap rendah hati dan membumi.

Batik Garuda

Motif Garuda ini memang mencirikan sekali jati diri orang Indonesia. Didominasi warna hitam sebagai warna dasar kain, dan gambar burung Garuda berwarna krem serta cokelat. Ditambah lagi dengan adanya hiasan bunga dan dedaunan yang menambah cantik penampilan batik.

Batik motif Garuda ini juga cocok untuk dijadikan seragam batik anak sekolah. Dan juga pas untuk digambar oleh anak-anak sekolah untuk lebih mengenal simbol negara Indonesia, Garuda.

Batik Tumpal

Motif batik ini mungkin terlihat rumit namun jika mencoba menggambarnya maka akan mudah. Motif batik ini berupa segita sama kaki dan terdapat bentuk bunga, tangkai lengkap dengan daunnya.

Batik Ceplokan

Motif batik ceplokan terdiri dari bentuk bintang, bentuk bulat telur, segi empat, dan persegi panjang. Didominasi warna coklat dengan sentuhan putih. Batik ceplokan sebenarnya cocok digunakan untuk bahan pembuatan seragam SD karena warnanya yang netral.

Baca juga >> seragam net tv

Motif Batik Meru

Nama Meru berasal dari sebuah nama gunung di Indonesia yaitu Mahameru. Konon, menurut kepercayaan gunung ini menjadi tempat singgasanan Tri Murti yang melambangkan sumber kemakmuran.

Hal itulah yang menjadi filosofi dibalik makna batik motif Meru ini. Berharap pemakainya bisa dengan mudah mendapatkan suatu kebahagiaan dan kemakmuran.

Untuk bentuk motif batik Meru sendiri berupa segitiga terbalik dan ada aksen gambar bunga lengkap dengan tangkainya. Didominasi warna hitam dan juga coklat.

Motif Batik Truntum

Motif batik ini dibuat pertama kali oleh Ratu Kencana, seorang permaisuri dari Sunan Paku Buwana III. Motif batik ini memiliki arti makna cinta dan akan terus tumbuh kembali perasaan cinta tersebut.
Motif batik ini pun sangat sederhana, yaitu hanya berupa bunga dengan kelopak berwarba putih diujungnya kuning, dan bagian tengah bunga berwarna merah. Bunga-bunga ini saling beruntaian membentuk barisan. Untuk warna dasarnya adalah biru langit.

Batik Liris

Motif batik liris sangat mudah untuk dibuat. Di mana gambarnya berupa lereng dan terdapat beberapa pola garis-garis sejajar ditambah hiasan bunga di sela-sela garisnya.

Anda hanya cukup menggambar berulang-ulang pola lereng dan bunga. Dan warna batik ini pun didominasi warna putih serta biru tua.

Mengadakan lomba menggambar motif batik untuk dijadikan seragam sekolah ini tentunya sangat menarik bukan? Bagi yang ingin berkonsultasi mengenai seragam batik anak sekolah, lengkap dengan motif terbaiknya, maka bisa menghubungi email : admin@seragambatik.id atau telepon/whats up di 0895344473937.

atau cek KLIK >> seragam batik


Komentar